SMK HUSNUL
this site the web

Kamis, 12 November 2009

makalah komputer

BAB I
PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi di zaman modern eraglobalisasi sekarang ini dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Dan sekarang hapir diseluruh lapisan masyarakat sudah mengenal walaupun sedikit tentang teknologi informasi.
Oleh krena itu, teknologi informasi yang perkembangannya semakin pesat harus di imbangi pula dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidang tersebut. Dengan kata lain bahwa sanya kita itu perlu dengan teknologi informasi , apa lagi bagi kita sebagi siswa SMK yang program keahliannya adalah sebagai pencetus tekhnologi informasi, semuanya harus sudah manpu untuk kita bisa menjalakan semua fasilitas yang ada di dalamnya atau perangkat-perangkat luarnya, dan kitapun di tuntut untuk bisa mampu menyaingi sekolah-sekolah yang lainnya dalam hal tekhnologi informasi. Salah satunya adalah di bidang tekhnisi computer, jaringan computer, system oprasikomputer,sistemaplikasi computer, dan tekhnisi umum

I. 1 Landasan Hukum

Di eraglobalisasi ini semakin banyaknya orang menggunakan tekhnologi informasi










I. 2 Metode Penulisan
Metode Penulisan yang digunakan dalam pebuatan makalah yang kami perlukan buku atau majalah atau koran atau mengambil dari Internet yang berkaitan dengan sistem oprasi komputer.

I. 3 Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuna pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui dan menabah wawasan kami tentang system aplikasi dalam upaya meningkatkan kecerdasan kita dalam berkounikasi. Dan maksud dan tujuan kami membuat makkalah ini adalah untuk memenuhi mata pelajaran tetang system aplikasi pada Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Pewer Point dan Internet.

I. 4 Sistematika Penulisan

Dalam penyusunan makkalah ini, sistematika pembahasan yang disusun kami adalah sebagi berikut :
BAB I PENDAHULUAN, berisi tentang Latar Belakang, Metode Penulisan, Maksud dan tujuan dan Sistematika penulisan.
BAB II PEMBAHASAN, berisi tentang Pembahasan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Pewer Point dan Internet
BAB III PENUTUP, berisi tentang mengenai kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB II
PEMBAHASAN

Dalam pebahasan makalah ini , kiranya terdapt sebanyak 5 judul system aplikasi yanga akan kami bahas. Diantaranya :
1. Microsoft Word
Microsoft Word merupakan sofdware pengolahan kata buatan Microsoft Corporastion yang dapat digunakan untuk mebuat surat, laporan, skripsi, brosur dan majalah dengan aneka font dan layout ynag ada. Dalam pebahasan ini akan di pelajari dari mulai tmpilan program sampai kepada fasilitas-fasilitas dalam microsodt Word secara terperinci.
1. 1 Mengaktifkan Microsodt Word
Ada dua cara yanga dapat digunakan untuk mengaktifkan MS Word yaitu :
a. Melalui star menu program, yaitu klik tombol Start menu kemudian arahkan pointer ke menu Programs lalu ke Microsoft Word dan akhiri dengan mengkliknya.
b. Menggunakan shortcut dari deskop, yaitu double klik icon yang berjudul Microsoft Word.
1. 2 Keluar dari Microsoft Word
Untuk keluar dari MS Word kita dapat mengunakan beberapa cara diantarannya:
  1. Klik menu File kemudian Exit
  2. Klik Close Button
  3. Tekan Alt-F4
  4. Tekan Ctrl-W
e. Apa bila ada file yang belum di Save maka MS Word Akan menampilkan pesan konfirmasi penyimpanan file. Klik Yes untuk menyimpan atau No untuk menggagalkan penyimpanan atau Cancel untuk kembali ke MS Word tanpa menyimpan file.
1. 3 Struktur Tampilan
Sebenarnya strukur tampilan awal MS Word ada dua jendela yaitu jendela perintah tempat menu, toolbar, icon, statusbar, dan jendela dokumen tempat mengetik naskah. Jendela perinth berisi bagian-bagian yaitu : control Menu icon, merupakan icon yang berfungsi untuk mengatur kedua jendela. Icon pertama merupakan control menu icon untuk jendela perintah dan icon kedua merupakan control menu icon untuk jendela dokumen. Komponen-komponen dalam tampilan awal MS Word adalah Sebagai berikut :
  1. Title Bar, merupakan keterangan nama program aplikasi dan nama dakumen yang sedang di edit.
  2. Menu Bar, merupakan deretan perintah menu yang dapat digunakan tanpa mause. Menu tersebut telah disusun sedemikian rupa sehingga tiap karakter yang berbeda dari peritah tersebut akan memiliki garis bawah, sehinga kita cukup mengkombinasi tombol Alt dengan karakter bergaris bawah tersebut.
  3. Standar Toolbar, merupakan perintah berupa gambar yang dikenal dengan nama icon.
  4. Formatting Toolbaar, merupakan deretan icon yang berfungsi untuk meformat dokumen.
  5. Tip Wizard, merupakan fasilitas Bantu yang akan mengamati cara kerja kita dalam pembuatan dokumen. Fasilitas ini bentuknya seperti tanda Tanya (?).
  6. Page Up dan Page Down, icon ini mengganti fungsi tombol page Up dan Page Down yang terdapat pada keyboard.
  7. Scrool Bar, merupakan failitas untuk menggulung layar, ada scoll bar vertical dan horizontal.
  8. View Icon, untuk mengefisienkan langkah-langkah kita apa bila ingin menapilkan dokumen dalam bentuk lain. Ada 3 icon yaitu Normal View, Page Layout View dan Outline View.
  9. Satus Bar, merupakan fasilitas untuk mengetahui indikator-indikator keyboard, jumlah halaman dan letak kursol.
j. Ruler, merupakan garis mistar untuk mengetahui tata letak naskah yang juga berfungsi dalam pengaturan identitas.
1. 4 Pemakaian Toolbar.
Cara memunculkan tampilan Toolbar dengan memilih menu View Toolbar. Bereikan tanda cek (a) untuk memilih toolbar yang diinginkan.
Ada beberapa macam toolbar yang tersediakan yaitu :
  1. Standar Toolbars
  2. Formatting Toolbars
  3. Auto Text Toolbars, digunakan untuk menyisipkan kata-kata atau kalimat yang seringkali dipakai.
  4. Control Tolbox Toolbar, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk membuat tombol-tombol perintah pada suatu dokumen.
  5. Database Toolbar, terdiri dari tombol-tombol yang membuat kita dalam mengurutkan suatu data, menyunting database, dan sebagainya.
  6. Dwawing Toolbar, terdiri dari tombol-tombol yang memungkinkan kita untuk menggambar.
  7. Forms Toolbar, terdiri dari beberapa tombol yang akan membuat kita dalam menyisipka kotak, pemerisaan table kerja, pembuatan bingaki (Frame), penguncian terhadap data penting dasn sebagainya.
  8. Picture Toolbar, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tata letak suatu gambar, berisi tombol-tombol untuk mempermudah dalam membaca suatu dokumen.
  9. Reviewing toolbar, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mempermudah dalam membaca suatu dokumen.
  10. Tables and Border Toolbar,
  11. Visual Basic Toolbar, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mengontrol penggunaanVisual Basic.
  12. Web Toolbar,
m. Word art Toolbar
1. 5 Pengaturan Dasar Dokumen
a. Membuat Dokumen Baru
Ada beberapa cara untuk membuat dokumen bari diantaranya dengan mengklik menu File New, atau dengan mengklik icon New pada standard Toolbar, atau dengan menggunakan Ctrl-N.
b. Konversi Dokumen ke Pengolahan Kata Lain .
Pengolahan dokumen untuk menyimpan dokumen dengan isi dokumen yang sama, tapi dengan nama yang berbeda tanpa adanya copy-paste. Langkahnya dengan mengklik menu File-Save As dan pada file Name ganti namanya dengan keperluan yang anda butuhkan lalu klik save.
1. 6 Dasar Pembuatan Dokumen
a. Memformat Halam dan Satuannya
a. 1 Membuat Default Inci ke Centimeter
Suatu defaul pada MS Word adalah inci. Untuk mengubahnya kita tinggal mengklik menu Tools Optians, yang akan memunculkan jendela options kemudia aktifkan kartu General dan pada bagian Measurement Units buka drop dow list box dan klik Centimetes. Klik Ok bila sudah selesai.
a. 2 Pemformatan Dokumen
Langkah-langkah memasuki format dakumen diantaranya; kita awali denga mengklik menu File Page setup lalu pilih. Margin untuk ukuran kertas dalam pembuatan dokumen. Diantaranya ada top. Botton, left, right. Paper Size untuk jenis kertas contoh seperti A4, F4, Legal dst dan juga bentuk posisi kertas potrait dan ladscape.


1. 7 Penggunaan Drop Cap
Salah satu kelebihan kata Word adalah kemampuannya untuk membuat Drop Cap. Carannya ketikan dahulu sebuah paragraf. Kemudian setelah kita ketikan paragraf tersebut, blok dulu huruf pertama, kemudian aktifkan menu Format Drop Cap pada bagian Positian pilih bagian pilih Dropped. Tentukan nama font yang kita inginkan. Pada daerah Lines To Drop muncul pilihan angka yang menanyakan jumlah baris yang akan di drop dan klik Ok.
1. 8 Penomoran Halaman
untuk menyisipkan penomoran halaman, maka kita aktifkan menu Insert-Page Number ….. sehinggakan muncul jendela Page Number. Kotak Position adalah tempat kita untuk mengaur posisi nomor halaman, apakah sebagai footer atau header, sedangkan kotak Aligement adalah tempat Anda mengatur penempatanya, apakah di kiri, kana, tengah, di dalam kertas, atau di luar kertas pada halaman yang menggunakan Mirror Margin. Format untuk mengatur format anagka halaman, dan penomorannya dimulai pada angka tertentu. Apabila kita sudah merngatur penempatannya maka kotak Preview akan membantu kita untuk melihat tampilannnya. Apabila berhasil, maka setiap halaman akan diberi nomor yang berlanjut sampai halaman terakhir.
1. 9 Pengolahan Gambar
a. Penyisipan gambar pada Dokumen
a. 1 Menggunakan Clipboard
Ganbar-gambar yang dibuat dari pengolahan gambar yang dapat di ambil misalnya dari Paint, Corel DRAW, Corel Photo Paint, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Anda tinggal memblok gambar tersebut pada program indukmya, kemudian dikopikan (Edit Copy) sehingga masuk ke Clipboard, suatu fasilitas di Widows 98 yang digunakan untuk menampung segala macam Informasi (berupa teks , atau gambar, bisa juga berpa file atau folder) yang telah anda cut atau copy, Informasi yang telah masuk ke Clipboard (misalnya gambar yanga Anda kopikan dari pengolahan gambar Anda dapat dimunculkan di dokumen yang sedang Anda suting dengan menggunakn fasilitas Paste.

a. 2 Menyisipkan Gambar dario Microsoft Clip Art Gallery
Microsoft menyediakn beberapa gabar gambar menarik yang bisa anda insert dari Clip Art Gallery. Untuk menginsertanya Anda aktifkan menu Insert-Picture Clip Art….., setelah dimunculkan pilih gambar yanga anda inginkan dan klik button Insert.
2. Microsoft Access
I. Pembuatan Struktur Tabel
I. a Langkah-langkah Mengoperasikan Microsoft Access 2000 :
1. Klik tombol Start pada Taskbar
2. Klik Programs
3. Klik MS Access 2000.
Tunggu sampai muncul kotak dialog MS-Access 2000 yang berisi Informasi/pilihan:
- Balank Access Daabase, artinya membuat File Database baru (Membuat File Database yang pertama kali) dari MS-Access 2000,
- Open an Existing File, artinya Membuka File Database yang pernah dibuat sebelumya.
- Access Database Wizards Pages and Projects, artinya Membuat File
- Database yang sudah ada Formatnya dalam MS-Access, Inform,asi ini bisa anda pahamisetelah mengerti pembuat File Database secara manual.
Jendela Database adalah kotak informasi yang terdiri dari menu objek, group dan toolbar pengolahan Database.Objek dari jendela Database terdiri dari Table, Form, Query, Report, Pages, Macros dan Modules.
I. b Langkah pembuatan Struktur Tabel
  1. Aktifkan jendela Database
  2. Pilh Objek Table
  3. Pilih New –Pilih Desigh View­-Klk Ok
  4. ketikan Nama Field Name yang dibutuhkan
  5. tentukan type data pada Data Type denga cara Klik tanda “¯” lalu pilih type datanya.
  6. Lalu simpan struktur tabel dengasn cara : Pilih File-Save atau (tekan Ctrl+F4).
  7. Beri nama Struktur tabelnya lalu klik ok.
- Form adalah objek dalam jendela Database untuk memudahkan pemasukan data ke dalam tabel. Biasanya berbentuk folmulir.
- Report adalah Objek dalm jendela Database untuk pembuatan laporan hasil pemasukan data dalam tabel. Hasil laporannya bisa di cetak berupa tampilan pada kertas atau tampilan pada layar monitor.
Query adalah Objek Jendela Database yang berfungsi untuk menetukan urutan data, menyaring, menggabungkan data dari sebuah tabel atau beberapa tabel.
3. Microsoft Power Point
a. Mengenal Microsoft Power Point
MS Power Point adalah suatu software (program) aplikasi yang bekerja dibawah sistem operasi windows. Program ini dipergunakan untukmembuat sebuah persentasi atau cara untuk mepermudah memperkenalkan sebauh hasil karya atau produk yang kita tawarkan kepada orang lain. Atau juaga untuk meperkenalkan sebuah instansi/lembaga guna mendapatkan simpatisan orang banyak.
1. Memulai Ms Power Point 2000
2. Agar daptmenggunakan Ms Power Point 2000, maka sofware Microsoft Office 2000 harus kita instalasi terlebih dahulu.
3. Setelah program Office terinstal, untuk memeulai MS Power Point 2000 adalah :
Z Klik Start
Z Klik Program
Z Maka akn keluar daftar program yang ada di windows
Z Pilih atau sorot MS Power Point
Z Dan mulailah bekerja denga MS Power Point
Dan akan muncul kotak dialog Ms Power Point yang berisi informasi/pilihan :
Blank Presentation artinya mempersiapkan lembar presentasi yang pertama kali
Open sn Exsaiting Presentation artinya membuka File Power Point yang telah di buat sebelumnya.
b. Membuat presenasi Baru
ada 3 cara pembuatan presentasi baru, penjelasan masing-masing adalah :
b. 1 Auto Content Wizard : berguna untuk pengguna yang mengharapkan mendapatkan bantuan langkah demi langakah dalm membuat sebuah file presentasi baru.
b. 2 Design Template : tingkat bantuan yang disediakn tak banyak hanya menyediakn skema warna, backround, dam sebagainnya
b. 3 Mulai dari baru /new From Blank : di metode blank, anda tiadk akan mendapatkan bantuan sama sekali, sehingga file presentasi baru yang dibuat akan kosong melompong, dan Anda harus membuat semua elemen pemanis presentasi secra manual.

Cara untuk masing-masing metode tersebut adalah :
Metode Auto Wizar dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik Menu File –New
2. Klik From Auto Content Wizard
3. Klik Next dan akan muncul tampilan yang merupakan langkah ke-2 dari proses Auto Content Wizard, yakni pemilihan tipe Presntasi (Presentaion Type).
4. setelah presetasi dipilih, silahkan klik tombol Next sehingga akan terlihat tampilan langkah berikutnya : Style Presentasi, selahkan pilih style dari presentasi yang ingin Amda buat.
5. Setelah Style presentas dipilih , silakan klik tombol Next, sehingga muncul tampilan langakah berikutnya : Opsi Presentasi, Isikan judul presentasi yang ingin dubuat, beserta teks yang ingin ditampilkan di bagian bawah tiap halaman presentasi.
6. Klik Next untuk melanjutkan kebagian terakhir dari langakah-langakah AutoContent Wizard.
7. Klik Finish, akan muncul tampilan File presentasi baru yang telah dibuat, dapat dilihat bahwa file presentasi baru yang telah memiliki beberapa slide, Amda diminta untuk menggantikan kata yang telah ada denga kata-kata yang ingin di tulis.
8. Selesai, metode AutoContetnt Wizard telah sukses membuat sebauh slide baru untuk kemudia diedit menajdi sebuah file presentasi yang sipa digunakan.
4. Microsoft Excel
a. Mengenal Mcrosoft Excel
MS Excel adalah suatu sofware (program) aplikasi yang bekerja dibawah sistem operasi windows. Program ini dipergunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran atau dalam sebuah perusahaan digunakan sebagai perangakt untuk penghitungan keuangan dimana yang paling banyak dugunakannya adalah perhitungan yang berbasis matematika.. Atau juaga untuk meperkenalkan sebuah instansi/lembaga guna mendapatkan simpatisan orang banyak.
4. Memulai Ms Excel 2000
5. Agar dapat menggunakan Ms Excel 2000, maka sofware Microsoft Office 2000 harus kita instalasi terlebih dahulu.
6. Setelah program Office terinstal, untuk memeulai MS Excel 2000 adalah :
Z Klik Start
Z Klik Program
Z Maka akan keluar daftar program yang ada di windows
Z Pilih atau sorot MS Excel
Z Dan mulailah bekerja dengan MS Excel
b. Cara perhitungan Tabel Pada Microsoft Excel
Ada beberapa nama perhitungan pada tabel Microsoft Excel, diantaranya :
  1. Sum, dugunakan sebagai rumus penjumlahan
  2. Average, dugunakan untuk menentukan rata-rata
  3. Max, Dugunakan untuk mencari nilai tertinggi
  4. Min, digunakan sebagai fasilitas untuk pencarian nilai terendah
Ada juga Sebuah rumus padafpasilitas MS Excel yaitu denga menuliskan Logika IF. Dan masih bayak lagi rumus-rumus yang lainnya.



5. Internet
1. Pengertian Internet
Internet (Interconeccted Network) adalah sebuah sistem konunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.
2. Pengenalan Browser
WWW adalah layan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layana ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (Multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW Server atau Web Server) digunakan program web client yang disebut Web Browser atau Browser saja. Jenis-jenis Browser yabng serijng dugunakan adalah : Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mossaic, Lynx, dan lain-lain.
3. Tampilan Internet Explorer dan Fungsi Toolnya
Titlebar : mencantumkan nama dari situs yang Browsing
Toolbar :
- Back : kembali ke halaman sebelumnya
- Forward : menuju kehalaman berikutnya
- Refresh : mengulang kembali Browsing yang gagal dengan alamat yang sama
- Home : kembali ketampilan pertama
Address bar
Menubar
Scrolling bar
Status bar : mencantumkan status dan nama dari link
4. Surfing atau Browsing
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau Web. Tampilan Web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jamm karena itu para netter sangat memperhitungkan rencana Web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingi diakses karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.
5. Langkah-langakh Browsing
a. Klik double pada icon Internet Ekplorer
b. Pastikan nama situs yanga akan Brousing misal situs tablaoidpcplus.
c. Ketikan nam situ tersebut
d. Tekan Enter atau klik tombol Go
e. Tunggu beberapa saat sehingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis Done di Status bar
f. Jika ingi membuka halaman baru dengan pase yang sama, dapat dilakukan dengan cara mengklik File pada menu, klik Newdan klik.
















BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Setelah kita ketahuimengenai ke lima pembahasan tadi, dan cara pengoperasiannya,maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagi berikut :
* Microsoft Word merupakan Software pengolahan kata yang mempunyai fungsi dan dapat digunakan untuk membuat surat, laporan, skripsi, browsur dan majalah dengananeka font dan layoutnya
* Microsoft Access adalah salah satu Software pengolahan data dalam sebuah perkantoran atau tempuh sebuah pengurutan sebuah data, yang berbentuk tabel
* MS Power Point adalah suatu software (program) aplikasi yang bekerja dsibawah sistem operasi windows. Program ini dipergunakan untuk membuat sebuah persentasi atau cara untuk mepermudah memperkenalkan sebuah hasil karya atau produk yang kita tawarkan kepada orang lain. Atau juga untuk meperkenalkan sebuah instansi/lembaga guna mendapatkan simpatisan orang banyak.
* Internet (Interconeccted Network) adalah sebuah sistem konunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.
* Microsoft Excel adalh sebuah merupakan perangkat lunak (Software) yang memPunyai kegunaaN dan fungsi sebagai tempat proses data untuk sistem perhitungan, yang berbasis matematika.
2. saran
Saran penulis, kita dalam belajar janganlah sekali-kali menyia-nyiakan waktu karena waktu itu begitu sangat berharga. Sewaktu kita lewatkan kita sudah ketinggalan zaman. Jadi gunakanlah waktu untuk selau blajar dan rajin membaca buku dimanapun kapanpu.n. karena menurut pepatah mengatakan “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

slide

Foto Rame

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies